Jumat, 24 Januari 2014

// // Leave a Comment

For Newbie : Cara Membuat Blog Dengan Mudah di Blogger, Super Lengkap!

Hari ini, saya ingin berikan tutorial cara membuat blog dengan mudah di blogger (situs), yang lengkap.

Dan tentu saja report ini saya khususkan bagi yang benar-benar gak tahu caranya saja. Karena sungguh, untuk membuat blog di blogspot (alias blogger) itu sangatlah mudah sekalipun anda belum membuatnya.

Tapi bagi yang gaptek jangan malu, karena gaptek itu biasa kok. Malah saya ini dulunya super gaptek, hehe... ^_^

Okay, jadi langsung aja mari kita belajar membuat blog!

Sekilas Tentang Blogger

Pertama, saya mau tekankan dulu kalau blogger yang saya jelaskan disini adalah situs pembuatan blog bernama blogger.com, bukan blogger (penulis).
logo blogger image

Jadi, blogger adalah salah satu layanan pembuatan blog yang sangat terkenal di dunia. Pertama-tama, situs ini dimiliki oleh PyraLabs, tapi akhirnya dibeli Google dan dikembangkan hingga menjadi keren.

Nah, salah satu blog yang dibuat melalui blogger.com adalah blog ini sendiri. Tandanya bisa dilihat dari alamat blog ini yang bertuliskan withhanif."blogspot.com". Tandanya adalah tulisan blogspot.com.

Dan dari blog itulah kita bisa membuat halaman artikel blog, bisa menjaring pengunjung, atau membuat halaman biografi dll. Intinya kita bisa menulis.

Dan blogger adalah salah satu situs pembuatan blog yang saya rekomendasikan kepada pemula karena gratis (biaya registrasi), dan fitunya yang cukup bagus dan lengkap walau tak sebebas dan selengkap wordpress self hosting yang berbayar. Tapi jika anda mengurusnya dengan baik, sebenarnya ini sudah bisa jadi sangat luar biasa. :D

Selengkapnya tentang blogger bisa dilihat di Wikipedia atau kunjungi langsung situsnya di Www.Blogger.Com ^_^.

Okay, jadi itu sekilas mengenai blogger, sekarang bagaimana cara membuatnya?

Tutorial Membuat Blog Gratis di Blogger

Dan kini saatnya kita belajar cara membuat blog dengan mudah di blogger melalui tutorial yang akan saya berikan. Dan jujur, sebenarnya sudah banyak yang berikan tutorial seperti ini.

bagaimana cara membuat blog

Tapi banyak yang strukturnya masih belum rapi dan gambarnya masih kurang menjelaskan dan hal lain yang tak usah dijelaskan disini. Jadi langsung lihat aja cara lengkapnya :

1.Pertama, buat dulu akun gmail. Jika belum punya silahkan kunjungi Www.Gmail.Com untuk membuatnya. Atau jika bingung bisa ketikkan di google "cara membuat akun gmail".

gambar mengenai cara membuat blog di blogger

2.Kunjungi Www.Blogger.Com. Isikan email dan password akun Gmail anda pada form.

cara membuat blog dengan mudah di blogger gambar

3.Karena anda baru pertama kali mendaftar blog di blogger, maka akan ada form pemberitahuan. Abaikan saja dan langsung klik 'Lanjutkan ke Blogger'.

4.Kini anda sudah punya akun blogger, tapi hanya sebatas itu. Untuk membuat blog anda harus klik tombol 'Buat Blog Baru' di sebelah kiri.

belajar membuat blog untuk pemula

5.Isikan judul, alamat, dan tampilan blog anda sesuai yang anda inginkan, setelah itu klik buat blog. Mungkin untuk tampilan (template) awalnya tidak bagus. Tapi anda bisa kreasikan nanti agar tampak lebih baik. Apalagi ini pertama kalinya anda membuat blog.

cara membuat blog dengan mudah dan gratis

6.Dan akhirnya blog anda telah jadi! Anda bisa mulai nge-blog dengan membuat tulisan fresh dengan klik tombol pena. Atau mempercantik tampilan blog dengan berkreasi sendiri atau bisa mencarinya di Google.

langkah terakhir membuat blog di blogger

Hufth, akhirnya selesai juga artikel cara membuat blog dengan mudah super lengkap ini. Semoga bermanfaat dan selamat nge-blog dengan ria!

Dan jika anda rasa artikel ini bermanfaat, anda bisa sebarkan artikel ini ke Facebook atau Twitter agar makin banyak lagi yang dapat manfaat. Terima kasih, sampai jumpa di post berikutnya, dan Salam Pintar!

0 komentar:

Posting Komentar